Monday, May 14, 2012

cara domain web & cpanel

Dengan berjalannya waktu, layanan gratis di internet tidak hanya sebatas penggunaan email saja, akan tetapi sekarang sudah banyak sekali yang bisa kita manfaatkan seperti belanja online, weblog, forum diskusi, domain gratis, hosting gratis, dll. Berbicara tentang membuat domain gratis, saya disini tidak menjelaskan membuat domain gratis yang disediakan oleh wordpress (http://namadomain.wordpress.com) atau blogspot (http://namadomain.blogspot.com) tetapi layanan membuat domain gratis dari co.cc (http://namadomain.co.cc)
Domain gratis co.cc bisa didapatkan melalui portal www.co.cc, tetapi biasanya untuk nama domain yang bernilai bisnis tidak tersedia gratis atau dengan kata lain kita harus merogoh kocek untuk mendapatkannya.
Selanjutnya saya jelaskan cara pemanfaatan domain gratis dari co.cc:
  1. Klik Untuk mem-Buka  http://www.co.cc pada kali ini dalam berbahasa indonesia.
  2. Isikan alamat yang anda inginkan  dan tekan tombol periksa ketersediaan, (Jika nama telah digunakan orang lain maka akan ada petunjuk namadomainanda is already/terpakai. Jika belum digunakan orang lain akan muncul nama domain anda is tersedia/available.)
    membuat domain gratis 1
  3. apabila nama domain yang anda masukan available maka terdapat keterangan tersedia kemudian Klik tombol “lanjutkan ke pendaftaran”
    domain gratis cocc 2
  4. Anda akan masuk halaman log in, Karena anda belum memiliki account di http://www.co.cc   klik pada bagian bawah buat account baru sekarang.
    domain gratis 3
  5. Kemudian isikan data-data anda seperti nama, alamat dan lain-lainnya  yang valid, dan kolom yang diberi tanda centang wajib diisi, yang tidak ada tanda centang boleh diisi, tidak diisipun tidak apa-apa (tapi kelihatannya semua ada centang ya.. :) ), perhatikan gambar dibawah ini :
    domain gratis 4
  6. Jika semua telah diisi dengan benar maka registrasi akan sukses dan anda diminta untuk kembali log indomain gratis 6
  7. Apabila Login berhasil, maka domain anda akan ada keterangan berhasil terigistrasi, kemudian Klik Setup
    domain gratis 7
  8. Pada halaman ini klik set up
    domain gratis 8
  9. misalkan domain tadi mau di addon (digabung)dengan Hosting Gratis http://www.000webhost.com, cara pengaturannya adalah sebagai berikut, setelak anda klik Setup, kemudian Manage domain>1. Nama Server
    domain gratis 9
  10. Isikan: Pada Name Server 1 isikan: ns01.000webhost.com, Pada Name Server 2 isikan: ns02.000webhost.com, Lalu Klik Setup
    domain gratis 10
  11. Tekan OK

Langkah 2- Cara membuat Hosting gratis 000webhost

000webhost logoHosting dan domain memang sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, setelah kita sudah mendapatkan nama domain  yang gratis seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya yaitu membuat domain gratis dengan co.cc, maka anda bisa mengikuti tahap demi tahap cara membuat Hosting gratis. Hosting gratisnya bisa anda dapatkan di 000webhost. Alasan saya pilih layanan gratis dari 000webhost adalah mudah didapatkan dan support PHP-MySQL.
Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Buka aplikasi browser dan akses alamat URL http://www.000webhost.com
    ooowebhost
  2. Apabila anda sama sekali belum mempunyai account di 000webhost, maka anda harus registrasi dahulu dengan meng klik tombol SIGN UP (berada di sidebar kanan)
  3. Kemudian anda akan disajikan Form isian registrasi, dan masukan data anda dengan lengkap termasuk domain co.cc yang sudah kita persiapkan sebelumnya.
  4. setelah mengklik tombol “Create my Accoount” maka akan masuk ke jendela Konfirmasi tunggu.
  5. Check Inbox email anda yang tasi dimasukan saat registrasi, buka file email tersebut dan klik konfirmasi regisdtrasi yang ada didalam isi email
  6. Anda akan masuk ke halaman dibawah, dan staus hosting masih proses, Infonya sih sampai aktif adalah 1X24 jam
  7. Coba anda kembali Inbox email anda dan didapatkan Account kita sudah ready, berarti domain hosting gratis anda sudah Siap
  8. untuk memastikan domain hosting gratis anda active, coba anda masuk ke hosting dengan mengetik Access control panel  http://members.000webhost.com/ (login with your email and password) – atau sesuai instruksi dari email. gambar di bawah menunjukkan domain dan hosting gratis anda sudah aktif.
  9. Klik “go to CPanel untuk masuk ke cpanel yang nantinya untuk penginstalan CMS Joomla anda
Sampai disini dulu petunjuk Cara membuat Hosting gratis 000webhost, InsyaAlloh saya akan tulis kelanjutannya yaitu cara menginstall cms joomla dengan domain gratis co.cc di hosting 000webhost.com.

Langkah 3- Cara upload file dengan FileZilla

filezilla logoCara upload di 000webhost anda bisa menggunakan dua cara yaitu pertama: upload file dan database joomla melewati cpanel, yang kedua: anda bisa menggunakan sebuah software untuk upload file dan database ke 000webhost. Ketika anda memilih cara upload File dan database Joomla ke 000webhost dengan menggunakan cpanel, perlu anda ketahui maksimum file yang bisa diupload ke 000webhost maksimal 5mb (setelah diekstrak), maka kita perlu membagi file Joomla tersebut ke dalam beberapa file dalam bentuk zip sebelum diupload.
Situasi diatas tidak untuk ketika kita menggunakan software, software yang popular dan gratis yang sering digunakan untuk mengupload file dari local computer ke webserver adalah filezilla. FileZilla adalah salah satu software yang berguna untuk transfer file via FTP, Untuk mendapatkannya cukup unduh di http://filezilla-project.org sesuai dengan OS computer kita.
Adapun cara upload di 00webhost dengan filezilla adalah sebagai berikut:
UPLOAD FILE
  1. Buka email anda yang sudah anda daftarkan di 000webhost, pada contoh ini berjudul: Account blogjoomla.co.cc ready! Informasi ini sangat penting untuk mengetahui konfigurasi ftp server. Detil isinya sama dengan seperti gambar sebelumnya.
  2. Pada menu filezilla, klik site manager atau (ctrl+S) kemusian akan muscul jendela site manager.
  3. Klik tombol New site/situs baru dan isi domain yang telah anda buat
  4. Isilah host dengan : bulatblog.co.cc atau kode
  5. Isi kolom Logon type: Normal, user dan password sesuai dengan email yang kita dapat.
  6. Kemusian klik Connect/menghubungkan
    upload file filezilla
  7. Koneksi dinyatakan berhasi jika (biasanya) ditandai kalimat pada log: status:Directory listing successful; dan semua log yang ada berwarna hijau
  8. Setelah siap, maka mulailah mengupload file yang sudah anda persiapkan di folder www jika menggunakan wampserver atau di htdocs jika menggunakan XAMPP.
  9. Pada jendela FileZilla dijumpai 4 bagian exploler. Pastikan pada bagian sebelah kiti (local site) berada di folder www yang berisi seluruh file joomla. Sedangkan bagian kanan (remote site) berada di folder public_htmlupload filezilla
  10. Seleck all file joomla pada folder www kemudian klik kanan dan pilih uploadcara upload di 000webhost
  11. Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai, apabila ada yang gagal upload coba ulangi kembali upload hanya  untuk file yang gagal tadi.cara upload dengan filezilla
  12. Jika semuanya selesai maka folder public_html akan berisi isi file joomla yang di upload tadi.

Bagikan

Jangan lewatkan

cara domain web & cpanel
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.